World News

Kamis, 23 Februari 2012

PROTA (Program Tahunan)

 Kawan, sebagai seorang calon guru, kita dituntut untuk mempunyai kemampuan pedagogis. Di antaranya adalah mampu membuat Perangkat pembelajaran. Perangkat yang pertama dibuat adalah PROTA atau Program Tahunan. Apa itu Prota, Bagaimana car membuatnya? mari kita simak uraian singkat berikut ini :

1.      Pengertian
Dalam pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan tentang pengertian tersebut.
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan(SK dan KD)yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh sisiwa. penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas , berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi(satuan pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi dasar , alokasi waktu dan keterangan.
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran sebelum tahun ajaran karena merupakan pedomkan bagi pengembangan program-program berikutnya.
2.      Dasar Hukum
Dasar hukum untuk program tahunan adalah peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia nomor    22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
3.      Komponen
Setidaknya dalam menyusun Prota, komponen yang harus ada adalah sebagai berikut:
a.       Identitas (mata pelajaran, kelas, tahun pelajaran).
b.      Format isian (semester, standar kompetensi, kompetensi dasar, matei pokok, dan alokasi waktu).

Kawan-kawan bisa Download Contoh Prota di Blog Himatika ini. Semua contoh Prota  yang saya bagikan di sini merupakan buatan mahasiswa IAIN Walisongo Semarang sendiri, tentunya dari Prodi Matematika. Ok langsung saja silakan didownload :

Download Contoh Prota SMP.zip

Download Contoh Prota SMA.zip

 By : Nur SaiFi (2009)
 

0 komentar:

Posting Komentar